Fenomena Boyband & GirlBand Di Indonesia

0 comments

Pasti sudah sangat familiar di telinga kawan - kawan semua dengan lirik lagu "mengapa hatiku cenat - cenut. . . " atau "liat yang mulus belok, liat yang bening belok. . . ". Yups, bener banget lirik - lirik lagu yang sederhana tersebut sering kita dengar dari sebuah vokal grup yang menamakan diri mereka "Boy Band" atau juga "Girl Band".
Fenomena boyband dan girlband ini sekarang ini kian merebak di blantika musik Indonesia. Dengan lirik yang sederhana yang dihiasi dengan lenggak - lenggok koreografi membuat boyband atau girlband ini banyak digilai masyarakat Indonesia khususnya kaum remaja.
Sebenarnya apa sih boyband/girlband itu dan seperti apa sejarahnya sehingga mampu memberi warna tersendiri dalam aliran musik atau pasar musik saat ini.
Boy band adalah sejenis kelompok musik pop atau R&B yang terdiri dari tiga anggota atau lebih, semuanya penyanyi laki-laki muda. Biasanya anggota boy band selain menyanyi juga menari dalam pertunjukan mereka. Mereka biasanya dibentuk oleh seorang manajer atau produser rekaman dengan cara mengadakan audisi, di mana para peserta diuji penampilannya, kemampuan menyanyinya, dan kemampuan berdansanya. Mereka biasanya tidak memainkan alat musik sendiri. Namun entah karena jaman globalisasi ataupun emansipasi, kini yang bernyanyi dengan koreografi bukan hanya para pria yang memiliki paras tampan saja, namun kini mulai bermunculan para wanita cantik yang terbentuk dalam suatu grup atau yang dinamakan "girl band" yang mampu mempesona para penikmatnya dengan lenggak - lenggok tubuh mereka yang diatur secara rapih.
Namun dengan fenomena tersebut, banyak yang memberikan opini "Apakah mereka memiliki suara yang layak sehingga digilai banyak penggemarnya? ataukah mereka hanya mengandalkan modal tampang yang kinclong dan koreografi yang oke saja?". Hal ini menurut saya hanya bisa dikembalikan terhadap para penikmat musik, jika mereka tidak memperhatikan hal utama dalam bermusik yaitu Kualitas Suara hal tersebut sah - sah saja, namun sebenarnya dalam bermusik itu harus diperhatikan aspek - aspek di dalamnya termasuk Kualitas Suara dari seorang musisi atau grup musik.
Jadi bagaimana menurut kawan - kawan tentang hal ini?

0 comments:

Post a Comment